AKUARIUM

Minggu, 09 Januari 2011

SAK ETAP 6 (LAPORAN PERUBAHAN EKUITAS DAN LAPORAN LABA RUGI DAN SALDO LABA)

A. RUANG LINGKUP
Bagian ini mengatur persyaratan untuk penyajian perubahan dalam ekuitas entitas selama suatu periode, baik dalam laporan perubahan ekuitas dan laporan laba rugi dan saldo laba (jika memenuhi kondisi tertentu).

B.LAPORAN PERUBAHAN EKUITAS
1. Tujuan
 Laporan perubahan ekuitas menyajikan laba atau rugi entitas suatu periode, pos pendapatan dan beban yang diakui secara langsung dalam ekuitas untuk periode tersebut, pengaruh perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan yang diakui dalam periode tersebut, dan (tergantung pada format laporan perubahan ekuitas yang dipilih oleh entitas) jumlah investasi oleh, dan dividen dan distribusi lain ke, pemilik ekuitas selama periode tersebut.

2. Informasi yang Disajikan di Laporan Perubahan Ekuitas
Entitas menyajikan laporan perubahan ekuitas yang menunjukkan:
  • Laba atau rugi untuk periode
  • Pendapatan dan beban yang diakui langsung dalam ekuitas
  • Untuk setiap komponen ekuitas, pengaruh perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan yang diakui.
  • Untuk setiap komponen ekuitas, suatu rekonsiliasi antara jumlah tercatat awal dan akhir periode, diungkapkan secara terpisah perubahan yang berasal dari: laba atau rugi, pendapatan dan beban yang diakui langsung dalam ekuitas dan jumlah investasi, dividen dan distribusi lainnya ke pemilik ekuitas, dan perubahan kepemilikan dalam entitas anak yang tidak mengakibatkan kehilangan pengendalian.
C.LAPORAN LABA RUGI DAN SALDO LABA
1. Tujuan
Laporan laba rugi dan saldo laba menyajikan laba atau rugi entitas dan perubahan saldo laba untuk suatu periode pelaporan.Entitas diijinkan untuk menyajikan laporan laba rugi dan saldo laba menggantikan laporan laba rugi dan laporan perubahan ekuitas jika perubahan ekuitas hanya berasal dari laba atau rugi, pembayaran dividen, koreksi kesalahan periode lalu dan perubahan kebijakan akuntansi.

2. Informasi yang Disajikan di Laporan Laba Rugi dan Saldo Laba
Entitas menyajikan di laporan laba rugi dan saldo laba pos-pos berikut sebagai tambahan atas informasi yang disyaratkan dalam laporan laba rugi.
  • Saldo laba pada awal periode pelaporan
  • Dividen yang diumumkan dan dibayarkan atau terutang selama periode
  • Penyajian kembali saldo laba setelah koreksi kesalahan periode lalu
  • Penyajian kembali saldo laba setelah perubahan kebijakan akuntansi
  • Saldo laba pada akhir periode pelaporan