BELI BAJU ONLINE...SINI AJA

Minggu, 08 Januari 2012

SISTEM AKUNTANSI INVESTASI PEMERINTAH (SA-IP)

Sistem Akuntansi Investasi Pemerintah yang selanjutnya disebut SA-IP adalah serangkaian prosedur manual maupun yang terkomputerisasi mulai dari pengumpulan data, pengakuan, pencatatan, pengikhtisaran, serta pelaporan investasi pemerintah. SA-IP mengatur sistem akuntansi dan kebijakan akuntansi untuk Investasi Jangka Panjang (permanen atau non permanen)
SA-IP merupakan subsistem dari Sistem Akuntansi Bendahara Umum Negara (SA-BUN). SA-IP menghasilkan laporan keuangan yang terdiri dari LRA, Neraca, Catatan atas Laporan Keuangan, dan Laporan Manajerial. SA-IP dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.
Suatu pengeluaran kas dan/atau aset, penerimaan hibah dalam bentuk Investasi dan perubahan piutang negara menjadi Investasi, dapat diakui sebagai Investasi apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:
  1. Terdapat kemungkinan manfaat ekonomi dan manfaat sosial atau jasa potensial di masa yang akan datang yang dapat diperoleh pemerintah dari Investasi tersebut; dan
  2. Nilai perolehan atau Nilai Wajar Investasi dapat diukur secara memadai (reliable).
Investasi Permanen dicatat sebesar biaya perolehannya. Investasi Non-Permanen dalam bentuk pembelian obligasi jangka panjang dan Investasi Non-Permanen lainnya yang tidak dimaksudkan untuk dimiliki pemerintah secara berkelanjutan dicatat sebesar biaya perolehannya. Penilaian investasi dapat dilakukan dengan metode biaya (<20%), ekuitas (>20%) atau metode nilai bersih yang dapat direalisasikan (non permanen).
Lebih lanjut tentang SA-IP silahkan download file berikut:
a. PMK SA-IP
b. Modul SA-IP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRADING DAN INVESTASI DI PASAR KEUANGAN

  SAATNYA MENGHASILKAN UANG DARI PASAR UANG   http://alpari-forex.org/id/?partner_id=1246641